Friday, September 18, 2015

Manfaat Tidur Tanpa Bantal Bagi Kesehatan

Manfaat Tidur Tanpa Bantal Bagi Kesehatan - Tidur tanpa menggunakan bantal ternyata sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan para ahli menyarankan kepada orang tua untuk membiasakan anaknya tidur tanpa bantal.

Manfaat Tidur Tanpa Bantal Bagi Kesehatan

Penelitian membuktikan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan tidur tanpa bantal. Para ahli sepakat bahwa tidur di atas kasur jauh lebih natural bagi tubuh. Dengan demikian, tidur Anda menjadi lebih berkualitas seperti ketika masih bayi karena tubuh berada pada tingkat yang alami dan normal. Meski belum ada penelitian yang membuktikan kebenarannya, tidur tanpa bantal bisa mengembalikan posisi tubuh yang salah. Selain itu untuk lebih menyamankan tidur Anda, gunakan kasur yang agak keras. Kasur seperti ini justru baik untuk menjaga tubuh Anda tidak bungkuk dan tetap pada postur yang baik.

Untuk itu berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan tidur tanpa menggunakan bantal:

Mencegah kerutan di wajah dan membuat awet muda


Orang yang tidur tanpa menggunakan bantal di kepalanya akan memiliki kesempatan yang rendah untuk mendapatkan kerutan di wajahnya. Hal ini disebabkan karena mereka yang tidak menggunakan bantal tidak menekankan wajah mereka di atas bantal yang dapat menyebabkan kerutan pada wajah.  Jadi, apabila Anda menginginkan awet muda, tidurlah tanpa menggunakan bantal.

Mencegah sakit leher


Tidur dengan menggunakan bantal adalah sumber utama dari sakit pundak dan leher. Meskipun masih disarankan untuk pemanasan (stretching) dan menggunakan pemanas, metode terbaik untuk menghilangkan rasa sakit ini adalah dengan tidur tanpa menggunakan bantal. Namun, tidur tanpa menggunakan bantal dapat menyebabkan masalah untuk orang yang sudah terbiasa menggunakannya. Untuk orang-orang yang belum terbiasa tidur tanpa menggunakan bantal, dianjurkan untuk secara bertahap mengurangi ketebalan bantal.

Meluruskan tulang


Tidur tanpa menggunakan bantal dianggap metode yang paling sehat karena memberikan keuntungan kepada tulang punggung seseorang, tidur menggunakan punggung memperbolehkan tulang punggung untuk sepenuhnya beristirahat dengan lekukan tubuh yang natural pada tempatnya. Ketika kita tidur dengan menggunakan bantal yang tebal, tulang punggung mengalami perubahan lokasi dan Anda mengalami sakit punggung keesokan paginya. Jadi, tidur dengan tidak menggunakan bantal adalah obat terbaik  untuk sakit pinggang.

Setelah melakukan aktivitas yang padat, maka Anda butuh waktu sejenak untuk beristirahat. Ada baiknya coba anda istirahat tanpa menggunakan bantal, karena akan membuat tulang dan anggota tubuh Anda lurus dan rileks.

Mencegah jerawat


Seringkali Anda lupa tidak mengganti sarung bantal, tanpa kita sadari, bisa jadi ada debu, bekas kosmetik atau obat jerawat yang menempel di permukaannya dan menempel di kulit sehingga menjadi bibit jerawat yang dapat merusak kulit Anda.

Tidur lebih nyaman


Jika Anda menggunakan bantal, maka Anda tidak sebebas seperti tidak menggunakan bantal. Justru menghambat atau mengganggu kenyamanan istirahat Anda.

Baca Juga :


Demikianlah tips kesehatan manfaat tidur tanpa bantal bagi kesehatan, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.


EmoticonEmoticon