Wednesday, September 16, 2015

Manfaat Dahsyat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Manfaat Dahsyat Buah Tomat Bagi Kesehatan - Buah tomat merupakan salah satu buah atau ada juga yang mengkategorikan buah tomat ini sebagai sayuran. Buah tomat dapat dimakan secara langsung maupun ditambahkan pada aneka masakan favorit seluruh keluarga. Karena tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan, maka tak mengherankan jika buah tersebut mengandung berbagai nutrisi yang juga diperlukan oleh tubuh Anda.

Manfaat Dahsyat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Buah tomat juga sangat mudah didapat, harganya pun relatif murah meriah dipasaran. Maka tak heran kita sering menjumpai buah tomat hampir di setiap kulkas ibu rumah tangga. Meskipun begitu, banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah merah menyala tersebut. Berdasarkan faktanya, tomat memiliki banyak sekali kandungan zat gizi, diantaranya adalah kandungan vitamin C yang cukup besar, selain vitamin C, ada juga vitamin A, dan vitamin K, vitamin B6. Tomat juga diperkaya dengan thiamin, folat kalium, niacin, fosfor, tembaga serta rendah sodium, dan kaya akan kandungan magnesium. Inilah yang menjadikan tomat menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari.

Lalu, apa saja manfaat dahsyat buah tomat bagi kesehatan tubuh tersebut? Berikut ini beberapa manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh Anda :

Mencegah Kanker


  • Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa orang yang makan tomat lebih banyak berisiko lebih rendah terkena kanker tertentu, terutama kanker paru-paru, perut dan prostat, karena kandungan antioksidan yang bernama likopen dalam tomat adalah pelindung kuat terhadap kanker, khususnya kanker prostat, kanker serviks, kanker lambung, kanker payudara, kanker mulut, dan kanker kerongkongan, faring dan rektum.

Pencegah Diabetes


  • Tomat membantu mengendalikan gula darah karena mengandung kandungan kromium tinggi. Tomat pilihan makanan ringan yang bagus untuk penderita diabetes. Ketika gula darah merosot, penderita merasa murung, lesu, mudah marah, dan kelaparan, meningkatkan keinginan untuk mencari banyak makanan yang tidak tepat. Keinginan itu bisa diredakan dengan mengunyah tomat sebelum rasa lapar memuncak.

Memperkuat Tulang


  • Tomat yang dilengkapi vitamin K dan kalsium membantu untuk memperkuat tulang. Kalsium dan vitamin K juga bagus untuk memperbaiki jaringan tulang setelah terjadi cedera. Gunakan beberapa tomat dalam salad atau menikmati secangkir hangat sup tomat selama masa pemulihan dari cedera.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung


  • Tomat mengandung nutrisi penting, seperti niacin, asam folat dan vitamin B6, yang terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Satu studi menemukan bahwa perempuan yang mengkonsumsi 7 sampai 10 produk tomat per minggu memiliki risiko penyakit jantung 29 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang mengkonsumsi kurang dari satu setengah produk tomat.

Membantu Meredakan Peradangan


  • Jika Anda adalah salah satu dari jutaan orang yang berurusan dengan penyakit yang melibatkan peradangan (seperti artritis atau nyeri punggung), konsumsilah tomat secara teratur. Tomat dipercaya dapat meredakan nyeri atau sakit yang anda alami. Hal ini karena tomat kaya akan bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti-inflamasi. Nyeri kronis sering melibatkan peradangan kronis, sehingga menyerang langsung di bagian yang mengalami peradangan adalah cara yang baik untuk meredakan sakit yang Anda alami.


Demikianlah beberapa manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat, salam sehat untuk Anda dan Keluarga Anda.

1 komentar

Wah ini dia nih tips yg saya cari2 . Makasih yah sob buat info nya nih mungkin bisa saya terapkan di kehidupan sehari2 nih


EmoticonEmoticon