Wednesday, May 25, 2016

Kenali Tanda-Tanda Stres Pada Tubuh

Kenali Tanda-Tanda Stres Pada Tubuh - Stres merupakan suatu beban rohani yang menyebabkan tingkah laku seseorang menjadi kurang terkontrol secara sehat.

Biasanya stres yang menyerang pikiran seseorang ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti lingkungan, organisasi maupun pribadi. Stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Misalnya saja, timbul penyakit kanker, jantung, hingga depresi atau gangguan jiwa.

Tanda-Tanda Stres

Terjadinya stres ternyata dapat dikendalikan dengan mengenali tanda-tandanya lebih dini. Diantaranya tumbuh jerawat berlebih, alergi atau gatal dan tanda-tanda lain.

Berikut ini tanda-tanda stres pada tubuh


Sikslus Menstruasi Tidak Teratur


Banyak wanita yang merasa panik saat mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Berbagai hal menjadi faktor penyebabnya seperti, gaya hidup yang tidak sehat atau pun kondisi tubuh yang buruk. Salah satu faktor yang paling umum terjadi adalah akibat peningkatan stres yang sedang di alami.

Ternyata ketika seseorang mengalami peningkatan stres, kelenjar adrenal dalam tubuh yang akan mengeluarkan hormon kortisol dan berdampak langsung pada proses menstruasi. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan hormon tidak stabil dan membuat seseorang mengalami keterlambatan menstruasi.

Jerawatan


Jerawat merupakan salah satu hal yang paling dibenci oleh semua orang. Penyebabnya pun banyak, bisa karena polusi, makanan, dan yang paling umum adalah karena stres. Pasalnya, saat seseorang sedang mengalami stres maka sebum atau zat minyak penyebab jerawat pada wajah akan lebih cepat terbentuk.

Jerawat akibat stres memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan jerawat pada umumnya. Seperti terjadi saat tidak menstruasi, muncul dalam waktu yang sangat singkat, lebih cepat memerah dan tersebar dalam jumlah banyak di wajah secara tiba-tiba.

Nyeri di Dada


Banyak orang yang mengira bahwa nyeri di dada hanya dapat dialami oleh penderita penyakit jantung saja. Ternyata hal ini tidak benar, Karena nyeri di dada juga dapat terjadi pada seseorang yang sedang mengalami stres. Pasalnya nyeri dada akibat stres merupakan suatu reaksi alami yang tumbuh saat berada pada kondisi tertekan. Bahkan nyeri dada ini akan lebih di perparah bila seseorang yang sedang stres menderita obesitas, diabetes atau pekonsumsi rokok dan alkohol.

Tekanan Darah Tidak Terkendali


Tekanan darah yang tidak terkendali bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti genetik, pola hidup bahkan peningkatan stres. Saat sedang stres seseorang cenderung banyak memikirkan hal berat yang tidak dapat ditampung oleh pikiran.

Hal ini akibatnya akan menimbulkan emosi dan tekanan darah yang tidak terkendali. Namun ini sifatnya hanyalah sementara, bila stres hilang maka tekanan darah akan berangsur normal kembali.

Sulit Bernafas


Sulit bernafas ternyata bukan hanya disebabkan oleh sebuah penyakit tertentu. Bisa jadi ini pertanda bahwa seseorang sedang mengalami peningkatan stres. Ya, biasanya kesulitan bernafas terjadi bersamaan dengan nyeri di dada yang diakibatkan seseorang merasa tertekan.

Jika hal ini terjadi ada baiknya segera luangkan waktu sejenak untuk bersantai agar stres berkurang dan jangan lupa konsultasikan ke dokter sebelum timbulnya penyakit lain.


Itulah beberapa Tanda-Tanda Stres Pada Tubuh, semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk mencegah peningkatan stres sejak dini.

2 komentar

memang stress tidak bisa dihindari, namun dapat kita kendalikan dengan mengenali tanda-tandanya. trims infonya

Sama-sama mas yadi, semoga dengan info di atas dapat membantu untuk mencegah peningkatan stres.


EmoticonEmoticon