Saturday, July 11, 2015

Danau Paling Unik dan Aneh di Dunia

Danau Paling Unik dan Aneh di Dunia - Danau merupakan salah satu tempat populer selain sungai dan laut yang bisa Anda kunjungi. Akan tetapi danau paling unik dan aneh di berbagai penjuru dunia ini, seakan-akan menghipnotis wisatawan dengan panorama aneh yang dimilikinya. Tak perlu menunggu lebih lama untuk mengetahuinya, langsung saja simak Danau Paling Unik dan Aneh di Dunia berikut ini.

1. Danau Rebus (Boiling Lake) Dominika


Danau Paling Unik dan Aneh di Dunia

Danau menakjubkan ini terletak di Taman Nasional Morne Trois Piton. Keanehan utama dari danau ini adalah airnya selalu dalam kondisi panas mendidih dan selalu tampak ditutupi uap air. Danau ini sebenarnya berasal dari sebuah lubang di permukaan bumi yang berada sekitar 10,5 km dari timur kota Roseau, Dominika. Danau ini merupakan spot keindahan alam terkenal dimuka bumi yang mampu menarik wisatawan dalam jumlah besar.

2. Danau Crater


Danau Paling Unik dan Aneh di Dunia

Danau Crater terbentuk sejak 7.700 tahun yang lalu karena letusan gunung berapi Mazami. Danau yang terletak di Oregon, AS ini murni diisi oleh lelehan salju dan air hujan. Tak ada sungai atau aliran air masuk ke danau ini.

3. Danau Kliluk di Kanada


Danau Paling Unik dan Aneh di Dunia

Berada di Osoyoos, Kanada, danau polkadot yang bernama Kliluk ini pun berhasil menyita perhatian wisatawan. Bagaimana tidak, permukaan danau ini punya corak yang tak biasa, yaitu lingkaran-lingkaran seperti polkadot.

Lingkaran-lingkaran itu terbentuk karena adanya garam yang mengapung di permukaan. Garam-garam ini menumpuk dan membentuk suatu lingkaran, dengan air danau yang terlihat di bagian tengahnya. Tidak hanya satu, lingkaran garam ini pun hampir memenuhi seluruh permukaan danau.

Melihat keanehan Danau Kliluk, daerah ini pun mulai dipadati wisatawan yang penasaran. Selain itu, traveler yang datang ke danau ini juga punya tujuan untuk mengambil air danau untuk pengobatan kulit. Konon, kandungan mineral yang ada di Danau Kliluk bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

4. Danau Loktak


Danau Paling Unik dan Aneh di Dunia

Danau Loktak di Provinsi Manipur, India, tak seperti danau lainnya. Sebab di dalamnya terdapat gugusan pulau mungil berbentuk cincin. Uniknya, pulau-pulau ini dapat berubah bentuk sesuai musim, dan bisa bergerak ke segala arah tergantung angin yang meniupnya. Danau terbesar di sebelah timur laut India ini juga memiliki keunikan lainnya. Hampir dua pertiga permukaan danau ini diisi pulau-pulau mungil berbentuk bundar. Masyarakat India menyebutnya Phumdi, yang menjadi rumah bagi berbagai spesies hewan. 

Ternyata, Phumdi tak seperti pulau mungil yang ada di danau lain. Karena gugusan pulau ini boleh disebut nomaden, pasalnya dapat bisa bergerak ke berbagai arah di danau ini. Ukurannya juga berubah sesuai musim. Jika dilihat dari atas, Phumdi akan tampak seperti cincin. Bagian tengah danau ini memiliki permukaan lebih dalam dari bagian pinggir. Pada saat musim kering dan air danau surut, akar-akar tanaman di Phumdi menggapai dasar danau untuk menyerap nutrisi. 

Namun saat musim hujan dan air meluap, akar itu terputus sehingga Phumdi pun kembali mengapung di danau. Meski bersifat nomaden, bukan berarti Phumdi tak dihuni manusia. Namanya Khangpoks, Phumdi terbesar di Danau Loktak yang dihuni oleh sekitar 4.000 orang. Ada pondok-pondok mungil yang membuatnya mirip seperti pemukiman di Danau Titicaca, Peru. 

Sebagaimana dilansir CN Traveler, Phumdi di Danau Loktak adalah satu-satunya Taman Nasional terapung di dunia. Keberadaan Phumdi juga menguntungkan bagi upaya konservasi spesies rusa langka yang hanya hidup di sekitar danau tersebut. Namun sayangnya, saat ini Phumdi juga termasuk hampir punah. Proyek hidroelektrik di Danau Loktak menaikkan permukaan air danau. Akar-akar tanaman pun tak bisa mencapai dasar danau. Bagian pinggir Phumdi pun semakin menipis tiap tahun. Oleh sebab itu, wisatawan yang berkunjung ke Danau Loktak harus menjaga lingkungan dan ekosistem di tempat tersebut.

5. Danau Pink (Lake Hillier)


Danau Paling Unik dan Aneh di Dunia

Hillier Lake merupakan salah satu danau yang berwarna pink di Middle Island, pulau terbesar dari pulau-pulau lain yang membentuk Kepulauan Recherche, Australia Barat. Danau tersebut memiliki air yang berwarna merah muda menyerupai warna permen karet. Keunikan itu membuat danau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara. 

Danau yang memiliki luas sepanjang 600 meter tersebut dikelilingi oleh pasir dan hutan lebat yang ditumbuhi pohon eucalyptus. Bukit-bukit pasir dan berbagai macam tumbuhan yang mengelilingi danau ini memisahkannya dari Samudra Selatan.

Dilansir Amusing Planet, tidak seperti danau berwarna pink atau merah muda yang ada di berbagai penjuru dunia lainnya, seperti danau Retba dan kolam garam di San Francisco Bay, sebab warna merah muda Danau Hillier masih menjadi misteri. Akan tetapi, spekulasi menyebut bahwa warna tersebut dapat muncul dari pewarna yang diproduksi organisme Dunaliella salina dan Halobacteria yang hidup di dalamnya.

Sementara hipotesis lainnya, warna merah muda tersebut muncul karena warna merah bakteri halophilic dan kerak garam yang terkandung di dalam air danau. Warna air danau ini bukanlah tipuan cahaya. Anda dapat membuktikannya dengan mengambil air dan menaruhnya di dalam wadah. Warna merah muda tersebut tetap dapat terlihat karena menetap permanen pada air danau.

Awalnya, danau merah muda ini ditemukan oleh Matthew Flinders, seorang navigator dan hydrographer asal Inggris. Pada tahun 1802, Flinders mendaki puncak tertinggi di tengah Pulau (sekarang dikenal sebagai puncak Flinders) untuk melakukan survei perairan di sekitarnya. Saat itu lah ia menemukan danau merah muda yang luar biasa ini. Namun sebelumnya, danau merah muda ini hampir tidak tersentuh. Kemudian setelah ditemukan, danau ini terus menerus didatangi oleh pengunjung yang penasaran akan salah satu keindahannya yang begitu menakjubkan di dunia ini.

Baca Juga : 


Seperti itulah Danau Paling Unik dan Aneh di Dunia yang sempat saya bagikan kali ini. Semoga postingan kali ini dapat menambah informasi Anda.

1 komentar

informasinya sangat menarik, sungguh indah ciptaanya

kunjungi juga http://jualprinterkartu.com/


EmoticonEmoticon