Saturday, June 6, 2015

Pesona Danau Kelimutu

Pesona Danau Kelimutu - Keindahan pesona Danau Kelimutu membuat banyak orang ingin kesana. Tapi memang tak mudah untuk mencapai puncak gunung Kelimutu untuk menatap keindahan pesona dari danau ini. Danau yang sering berubah warna ini begitu cantik untuk menjadi tujuan wisata.

Pesona Danau Kelimutu

Danau Kelimutu terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Pada April 2015, Danau Kelimutu mengalami perubahan warna, setelah peristiwa serupa juga pernah terjadi dua tahun silam.

Perubahan warna pada ketiga Danau ini dipengaruhi oleh aktivitas mineral vulkanis Gunung Kelimutu. Danau atau Polo yang semula berwarna hijau , berganti warna menjadi cokelat kemerahan. Danau Nuamuri Ko'o Fai yang berwarna toska berubah menjadi putih susu.

Sementara Danau Ata Mbupu yang tercatat jarang berubah warna, kini menampakkan warna hijau yang semula berwarna hitam. Tercatat sejak 1915, ketiga Danau tersebut mengalami beberapa kali mengalami perubahan warna dengan jumlah yang bervariasi, antara 17-44 kali. 

Pesona Danau Kelimutu

Perubahan warna pada ketiga Danau menjadi pertanda ilmiah bagi fluktuasi aktivitas vulkanis Gunung Kelimutu. Menurut catatan, Gunung ini pernah meletus hebat pada tahun 1830, beberapa letusan lainnya juga terjadi diawal tahun 1900-an. Bahkan masyarakat sekitar percaya, perubahan warna Danau Kelimutu bukan hanya fenomena alam biasa, melainkan juga sebagai pertanda awal terjadinya suatu peristiwa besar.

1 komentar

andaaiiiii bisa travelling kesana andaaiii pokoknya mah...
subhanallah indah buangeuuuttt

salam kenal yaa


EmoticonEmoticon