Sunday, May 22, 2016

Pesona dan Keindahan Pantai 9

Pesona dan Keindahan Pantai 9 - Pantai 9 merupakan salah satu obyek wisata terbaru di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Letaknya di Desa Bringsang, Kecamatan atau Pulau Giligenting. Dulunya pantai ini adalah sebuah pelabuhan kecil untuk perahu penyebrangan antara Pulau Giligenting menuju Pulau sebrang dan disebut "Pantai Marethen" oleh masyarakat sekitar.

Pesona dan Keindahan Pantai 9

Namun sekarang pantai yang dulunya merupakan sebuah pelabuhan kecil telah berubah menjadi salah satu obyek wisata baru masyarakat Giligenting yakni Pantai 9. Disebut Pantai 9 karena terdapat gundukan pasir yang terbentuk sendiri menyerupai angka hoki yakni 9. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona, pasirnya yang berwarna putih dan bersih dengan deburan ombak serta angin sepoi-sepoi cocok untuk dinikmati bersama kelurga maupun sahabat.

Tidak hanya bentang pasir putih yang mempesona, jernihnya air laut yang terlihat biru bersih seolah mengajak para wisatawan untuk berenang dan berbaur di dalamnya. keunikan dan keindahan terumbu karangnya, serta kondisi alam sekitar yang masih perawan dan rindang melengkapi Pantai 9 tersebut. Tak jauh dari Pantai 9, juga ada Pantai Miring yang dapat dijadikan salah satu tujuan wisata Anda.

Pesona dan Keindahan Pantai 9

Untuk menuju ke Pantai 9, bisa ditempuh dari Pelabuhan Tanjung atau Talebbhung, Saronggi, Sumenep. Dari pelabuhan rakyat ini Anda akan dibawa perahu layar motor dengan jarak tempuh normal sekitar 30 menit.

Tarif perahu juga sangat terjangkau, bila ikut yang reguler, Anda hanya dipatok pada kisaran Rp 10 ribu per orang sekali berlayar.

Ada dua pelabuhan rakyat yang terdapat di Pulau Giligenting yang terletak di sebelah tenggara Pulau Madura ini, yakni Pelabuhan Tanggak Bliker Aenganyar dan Pelabuhan Bringsang, Kecamatan/ Pulau Giligenting.

Jarak antara destinasi wisata Pantai 9 itu sangat dekat dengan Pelabuhan Desa Bringsang, sekitar 200 meter. Jika Anda sudah berada di Pelabuhan Desa Bringsang, Anda dapat berjalan kaki saja untuk menuju Wisata Pantai 9 ini. Itu dikarenakan jarak antara Pantai 9 dan Pelabuhan Desa Bringsang sangat dekat. Namun, jika Anda berada di Pelabuhan Tanggak bliker Desa Aenganyar, Anda dapat menyewa ojek dengan tarif 15-20 ribu hingga sampai ke Wisata pantai 9 ini. Karena di Pulau ini belum terdapat Angkutan Umum seperti, bus mini, dll.

Pulau Gili Genting adalah pulau di Kabupaten Sumenep yang terletak di sebelah tenggara pulau Madura dengan luas wilayah 30,318876 km2. Secara keseluruhan penduduk pulau ini adalah asli suku Madura. Giligenting ini merupakan sebuah kecamatan yang dibentuk pada tanggal 7 April 1982. Semula, berkecamatan Bluto (kecamatan selatan kota Sumenep).

Kecamatan Gili Genting meliputi wilayah Desa Aenganyar, Bringsang, Galis, Gedugan, Jate, Banbaru, Banmaleng dan Lombang. Masing-masing wilayah tersebut terletak di Giligenting dan Giliraja.

4 komentar

bagus banget terumbu karangnya, tapi sayang juga kalau terumbu karang tsb dijadikan tempat wisata. Karena tidak semua orang mengerti tentang daur hidup terumbu karang, bisa2 si terumbu karang malah mati karena terinjakinjak manusia

Yang pasti sebelum melakukan snorkeling, ada beberapa tips dari pengawas pantai agar nantinya tidak merusak terumbu karang.

Rekomended buat kalian yang akan berlibur ke Madura tepatnya di Kabupaten Sumenep dan menyeberang ke Pulau Gili Genting, didekat pelabuhan ada Pantai Sembilan yang bagus bangettt.. lengkap sama ayunann..

Memang tidak bisa dipungkiri, pantai sembilan hampir menyamai pulau gili labak di madura juga.. bahkan di pantai sembilan banyak wahana yang mendukung untuk bisa berwisata di sana bersama teman maupun keluarga..


EmoticonEmoticon