Saturday, November 7, 2015

Ini Dia Fakta Unik Tentang Bumi

Ini Dia Fakta Unik Tentang Bumi - Sebagai salah satu planet di tata surya ini, bumi merupakan hanya bagian kecil dari galaksi tata surya yang begitu luas. Namun bumi begitu unik karena menjadi satu-satunya planet yang dapat dihuni makhluk hidup dan memiliki banyak unsur hara kehidupan.

Ini Dia Fakta Unik Tentang Bumi

Dengan usianya yang sudah mencapai jutaan tahun, bumi sudah melewati berbagai masa kehidupan. Mulai penciptaan manusia pertama, hewan-hewan prasejarah, sampai nanti tiba di akhir dunia.

Meski sudah lama menjalani kehidupan, namun rupanya bumi memiliki fakta-fakta menakjubkan yang tidak semua orang tahu. Banyak fakta yang akan membuat Anda terkejut dan takjub tentang bumi yang mungkin selama ini belum Anda ketahui. Berikut ini beberapa Fakta Unik Tentang Bumi yang belum Anda ketahui.

1. Bumi berasal dari kata Anglo Saxons 

Mengapa bumi kita disebut bumi? Dari mana kata itu berasal? Sebenarnya nama-nama planet ini disesuaikan dengan nama dewa-dewi dalam metologi Yunani, namunn tidak demikian dengan bumi yang berasal dari kata Anglo Saxons. Dimana Bumi (earth) dari kata Anglo-Saxon yakni kata Erda yang bermakna  tanah. Akan tetapi faktanya 71 persen dari unsur bumi kita adalah air dan bukan tanah.  Dan perlu diketahui bahwa bumi satu-satunya planet yang memiliki unsur air.

2. Bumi satu-satunya planet dengan lempeng tektonik

Para ilmuwan percaya bahwa bumi terdiri dari tujuh lempeng kerak besar yang bergerak dalam arah yang berbeda dengan kecepatan hingga 10 cm per tahun. Ketika pelat bertabrakan, menurut teori geologi modern, pegunungan yang terbentuk ketika pelat berbeda dalam arah yang berbeda membentuk cekungan. Proses ini menimbulkan gunung berapi dan gempa bumi. Sisi baik dari proses ini adalah, karbon (bagian penting dari keberadaan kehidupan) dapat diperbarui dan direvisi untuk memberikan kelangsungan kehidupan di Bumi.

3. Sebenarnya bumi tidak bulat sempurna

Selama ini kita tahu bahwa bumi itu berbentuk bulat sempurna. Padahal sebenarnya tidak demikian, bumi tidak berbentu bulat sempurna seperti bola. Disekitar  ekuator terdapat tonjolan yang disebabkan karena adanya gaya gravitasi. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa Polar radius bumi adalah 3.949,99 mil, sedangkan radius ekuator adalah 3.963,34 mil. Bersyukurlah untuk kita yang tinggal di ekuator atau Khatulistiwa (termasuk Indonesia) karena langit kita bisa menggapai bintang lebih cepat.

4. Faktanya sehari tidak 24 jam

Sebenarny bumi berotasi pada porosnya dengan memakan waktu 23 jam 56 menit, 4 detik. Ada selisih 4 menit dalam satu hari dengan rotasi bumi. Perbedaan tersebut disebabkan karena pengunaan patokan yang berbeda. Hari Surya menggunakan Matahari sebagai acuan, sementara Hari Sideris menggunakan bintang-bintang sebagai acuan.

5. Bumi punya kembaran bernama theia

Lagi-lagi ilmuwan percaya bahwa Bumi ini tak sendirian di orbit tata surya. Bumi memiliki ‘kembaran’ yang bernama Theia dan berukuran seperti Mars serta berada 60 derajat di depan atau belakang jarak Bumi. Suatu sore sekitar 4,5 miliar tahun lalu, Theia menabrak Bumi dan sebagian besar potongan itu meledak dan menjadi material penciptaan bulan. Terdengar aneh? Fakta menyebutkan bahwa bulan memang memiliki besar mirip planet dan isotop logam yang sama 

6. Everest bukan titik tertinggi di bumi

Selama ini diketahui bahwa Mount Everest adalah puncak tertinggi di bumi dengan tinggi 8.848 meter di atas permukaan laut.  Tapi sebenarnya puncak tertinggi dimiliki oleh puncak Mauna Kea yang berada di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Mauna Kea memang hanya memiliki ketinggian 4.205 meter. Jumlah ini jauh lebih rendah dari gunung Everest. Namun Mauna Kea sebenarnya merupakan gunung yang kakinya dimulai dari dasar laut. Dan jika diukur dari kaki gunung, secara total, tinggi Mauna Kea lebih dari 10 ribu meter. Tentu saja Mauna Kea lebih tinggi dibandingkan gunung Everest. 

7. Bulan misterius dengan orbit (hampir) sempurna

Berbicara mengenai satelit Bumi ini memang sangat unik. Bulan memiliki pusat tata surya sekitar 6.000 meter lebih dekat ke bumi dan seharusnya itu membuat orbitnya tak menentu. Namun faktanya orbit bulan hampir melingkar sempurna. Ada sebuah fenomena alam unik yakni ketika matahari tampak 400 kali lebih besar daripada Bumi dan 400 kali lebih jauh dari Bumi yang membuat matahari dan bulan tampak berukuran sama di langit Bumi. Sebuah Ke-Esaan Tuhan yang lain.

Baca Juga :

Itulah beberapa Fakta Unik Tentang Bumi yang tentu juga menarik untuk di ketahui. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon