Tuesday, May 3, 2016

Fakta Unik Tentang Lipstik

Fakta Unik Tentang Lipstik - Lipstik dan wanita adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Sejak dulu lipstik adalah perlengkapan make up yang paling identik dengan wanita. Selain untuk mempercantik diri, lipstik juga digunakan sebagai riasan yang ekspresif dan bisa disesuaikan pada penampilan busana yang digunakan.

Fakta Unik Tentang Lipstik


Sebelum lipstik menjadi salah satu kosmetik wajib bagi wanita sekarang ini, ada berbagai fakta-fakta unik mengenai pemoles bibir ini. Berikut informasinya mengenai fakta unik tentang lipstik :

Penanda Strata Sosial


Lipstik yang selalu ada dalam daftar kosmetik wajib bagi kaum wanita ini rupanya sudah dikenal sejak 5000 tahun yang lalu. Lipstik pertama kali ditemukan di Sumerian kuno, dimana pada saat itu wanita sumerian kuno menggunakan batu permata semi mulia yang dihancurkan dan dioleskan ke bibir serta disekitar mata mereka. Ratu Sumerian saat itu terlihat mempercantik bibirnya dengan formula kemerahan dari batu besi sebagai simbol kepemimpinan dan kekayaan. Kemudian di era kerajaan romawi, lipstik digunakan sebagai penanda sosial. Mereka yang menggunakan pemoles bibir ini adalah masyarakat yang merupakan golongan ekonomi kelas atas bahkan kaum priapun menggunakannya.

Seiring waktu, pewarna bibir mulai populer pada abad 16 di Inggris pada era Ratu Elizabeth 1. Pada masa itu yang mampu memakai lipstik hanya wanita dari kalangan atas dan aktor pria. Namun di Yunani ketika kekaisaran Yunani baru berdiri, penggunaan lipstik justru digunakan oleh mereka yang memiliki profesi sebagai wanita penghibur. Sehingga pada waktu itu para wanita Yunani tidak berani bersolek karena khawatir akan disangka seorang wanita penghibur.

Nyaris Ilegal di Inggris


Di Inggris lipstik mulai populer pada abad ke-16 dimana pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth 2 warna bibir merah terang menjadi tren. Saat itu lipstik dibuat dari lilin lebah dan tanaman sebagai bahan pewarna. Namun pada abad ke-19, make up atau merias wajah dianggap tidak wajar bagi wanita bangsawan Inggris dan dianggap hanya pantas digunakan oleh pekerja seks komersial.

Pada tahun 1650, parlemen Inggris menyusun undang-undang yang didalamnya terdapat pelarangan menggunakan lipstik. Parlemen mereka menyebut lipstik sebagai lukisan yang buruk. Namun undang-undang tersebut tidak jadi disahkan karena banyak kontroversi dari berbagai pihak. Walaupun demikian, para artis masih diijinkan memakai make up dan lambat laun wanita diluar profesi artispun mulai tertarik menggunakannya. Pada tahun 1884 lipstik modern pertama kali diperkenalkan di Paris oleh Guerlain yaitu perusahaan kosmetik dan juga parfum di Prancis dan diproduksi secara komersial.

Lipstik Khusus Ratu Elizabeth


Fakta yang terakhir adalah lipstik khusus untuk Ratu Elizabeth 2. Ratu Inggris yang masih bertahta ini merupakan penggemar berat lipstik. Ia memilih clarence sebagai pilihan utama lipstik favoritnya. Saat penobatannya di tahun 1952, ia menugaskan orang untuk memproduksi lipstik yang memiliki warna senada untuk di cocokkan dengan jubah penobatan yang dikenakannya. Lipstik dengan rona merah kebiruan itu diberi nama The Bow Moral Lipstik sesuai dengan nama kampung halamannya di Skotlandia. Kecintaannya pada lipstik pun tak hanya sampai disitu, dalam berbagai kesempatan nenek buyut Pangeran George dan Puteri Charlotte ini terlihat sering mengaplikasikan lipstik di depan umum.


Itulah beberapa Fakta Unik Tentang Lipstik, salah satu kosmetik yang saat ini keberadaannya sudah tidak dapat dipisahkan dengan kaum wanita.


EmoticonEmoticon