Tuesday, May 31, 2016

Fenomena Sungai yang Menghebohkan Dunia

Fenomena Sungai yang Menghebohkan Dunia - Sungai merupakan aliran air besar yang memanjang dan mengalir secara terus-menerus dari hulu atau sumbernya menuju hilir atau muara. Sungai biasanya dimanfaatkan untuk kehidupan kita sehari-hari. Namun diantara sungai yang ada, ternyata ada beberapa fenomena aneh yang bahkan membuat heboh masyarakat sekitar dan juga masyarakat luas.

Beberapa diantaranya ada yang air sungainya tiba-tiba berubah warna menjadi hijau neon pekat dan merah darah, ada juga yang alirannya bukan berupa air melainkan pasir, bahkan ada pula sungai yang airnya mendidih dan berapi. Beberapa fenomena sungai telah terpecahkan dan telah diketahui penyebabnya, namun ada sebagian yang masih menjadi misteri. Berikut ini Update Dunia telah merangkumnya dalam Fenomena Sungai yang Menghebohkan Dunia.

Air Sungai Berubah Warna Menjadi Hijau Neon di Sydney


Fenomena Sungai yang Menghebohkan Dunia

Pemandangan ini sekilas mirip seperti dalam cerita atau film fiksi sains, dimana air sungai berwarna hijau neon pekat. Namun inilah yang benar-benar terjadi di perairan Bronte Gully, Sydney Australia pada bulan mei lalu dimana ir sungai ini tiba-tiba berubah warna menjadi hijau neon pekat. Fenomena tersebut juga terjadi di air sungai Westmead di barat Sydney pada akhir pekan yang sama.

Menurut seorang juru bicara Dewan Waverley, fenomena air sungai yang menghebohkan itu sedang diteliti dan menimbulkan beberapa teori tentang penyebab perubahan warna air aneh itu. Diantaranya mereka percaya bahwa perubahan warna yang tiba-tiba itu disebabkan oleh sisa bahan pewarna yang biasanya digunakan oleh tukang pipa untuk memeriksa saluran air.

Air Sungai di Kediri Berubah Warna Menjadi Merah


Fenomena Sungai yang Menghebohkan Dunia

April lalu warga Kediri dihebohkan dengan penemuan sungai di Kecamatan Pesantren yang airnya tiba-tiba berubah warna menjadi merah darah. Warga setempat serta para pelintas jalur menuju kawasan wisata Gunung Kelud panik melihat air sungai tersebut berwarna merah. Perubahan warna tersebut itu terjadi siang hari dan para warga juga tidak mencium bau yang menyengat dari sungai ketika air berubah menjadi merah.

Mereka pun bertanya-tanya tentang peristiwa yang menghebohkan ini, namun setelah diteliti oleh pihak berwenang teka-teki penyebab air sungai berubah menjadi warna merah akhirnya terjawab. Air sungai menjadi merah karena ada warga yang mencuci karung bekas bungkus bahan pewarna. Peristiwa ini hanya berlangsung sekitar 30 menit dan warna air pun kembali seperti semula. Namun kejadian aneh tersebut sempat menarik perhatian warga dan ada yang merekamnya dengan ponsel. Bahkan diunggah ke media sosial sehingga dalam waktu singkat beritanya berkembang luas.

Sungai Berapi di Australia


Fenomena Sungai yang Menghebohkan Dunia

Kobaran api muncul di permukaan sungai di Australia, fenomena aneh ini diketahui ketika seorang pemilik lahan mengunggah foto di dunia maya. Panasnya suhu di kawasan sekitar sungai itu diduga kuat telah menyelut gelembung-gelembung udara yang diduga sebagai gas yang mudah tersulut menjadi api hanya dengan sebatang korek api. Diketahui mulanya tempat tersebut pernah terjadi kebocoran gas metana yang merembes ke sungai pada 2012 silam. Pemerintah Australia masih belum yakin mengenai penyebab rembesan itu meskipun telah melakukan penyelidikan selama beberapa tahun.

Suatu laporan analisis ilmiah juga pernah dikemukakan oleh North West Corporation mengungkapkan sejumlah penyebab dari gelembung gas pada tahun 2013. Kegiatan manusia seperti operasi gas batu bara dan pengeboran air disebutkan sebagai faktor-faktor yang mungkin ikut andil. Namun hingga kini kemunculan api di sungai tersebut masih menjadi misteri.

Fenomena Sungai Pasir di Irak


Fenomena Sungai yang Menghebohkan Dunia

Beberapa waktu lalu beredar video yang menghebohkan netizen dan khususnya warga Irak. Itu dikarenakan dalam video tersebut terlihat pasir yang yang mengalir deras seperti layaknya sungai, banyak yang menyebutnya sebagai sungai pasir. Yang lebih anehnya lagi, aliran pasir tersebut bercampur dengan butiran es. Diduga kalau pasir-pasir tersebut hanyut terbawa oleh butiran es sebesar bola golf yang mengalir melewati wilayah gurun di Irak tersebut.

Fenomena ini membuat banyak orang tambah heran, pasalnya di wilayah gurun terkenal sangat panas dan selama ini Irak dikenal dengan cuaca yang sangat panas bahkan pada Agustus silam suhu di Baghdad mencapai 52 derajat celcius. Pada November 2015 Irak yang biasanya diterpa badai pasir kini dilanda badai es. Hujan turun sangat deras yang disertai angin kencang itu membawa bongkahan-bongkahan es dan es-es yang mulai mencair itu sebagian mengalir ke gurun dan menghanyutkan pasir-pasir disana.

Sungai Mendidih di Peru


Fenomena Sungai yang Menghebohkan Dunia

Anda pasti tahu dengan Sungai Amazon bukan? Hutan seluas 5,5 juta kilometer persegi yang terletak di sembilan negara ini menyimpan banyak misteri. Salah satunya adalah misteri sungai mendidih yang ada di Mayantuyacu Peru. Penduduk setempat menyebutnya rebus dengan panas matahari, suhu air berkisar antara 50 hingga 90 derajat celcius dengan sedikit bagian ada yang suhunya menyentuh 100 derajat dan dapat menyebabkan luka bakar tingkat tiga hanya dalam hitungan beberapa detik saja jika terkena kulit.

Penduduk setempat percaya bahwa air panas berasal dari sebuah legenda tentang keberadaan seekor ular raksasa yang disebut Yakumama atau Ibu air yang ada di tempat itu. Ular ini diyakini bertubuh besar dan berbentuk kepala batu besar di hulu sungai. Terlepas dari legenda tersebut, fenomena aneh ini menarik perhatian beberapa ilmuwan termasuk Andres Ruzo seorang ilmuwan yang meneliti panas bumi di Southern Methodist University. Sebelum meneliti dan menulis buku tentang fenomena air sungai mendidih, Ruzo mendengar tentang cerita sungai ini dari kakeknya saat ia berusia 12 tahun. 


Itulah beberapa Fenomena Sungai yang Menghebohkan Dunia, semoga informasi diatas menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah dan share artikel ini ya..!!

2 komentar

woww keajaiban yang luar biasa yah

fenomena sungai yang luar biasa, saya baru sekarang lihatnya


EmoticonEmoticon