Wednesday, May 18, 2016

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Insomnia

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Insomnia - Insomnia atau penyakit susah tidur merupakan suatu hal yang sering mengganggu seseorang secara umum. Insomnia juga sering dialami beberapa orang yang tidak memperhatikan pola hidup sehat mereka. Dalam jangka pendek mungkin tidak masalah bagi mereka yang penderita insomnia, namun dalam jangka panjang tentunya akan bisa berbahaya bagi Anda.

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Insomnia

Insomnia tidak hanya mengganggu aktifitas Anda, namun insomnia juga menyebabkan Anda kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur. Sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh dengan kerja otak yang tidak bekerja secara efektif. Adanya gangguan pada kerja otak secara otomatis dapat berpengaruh pula pada kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan, dan juga hal lainnya. Oleh karena itu, sebelum insomnia merusak hidup Anda, sebaiknya Anda mencari cara mengatasi insomnia secara alami terlebih dahulu, sebelum akhirnya Anda harus menggunakan jasa dokter.


Penyebab Terjadinya  Insomnia atau Susah Tidur


Ada beberapa penyebab seseorang mengalami insomnia atau susah tidur. Ada yang terbentuk dari kebiasaan hingga susah dihilangkan, namun secara umum susah tidur di malam hari banyak di sebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

Gangguan Psikologis dan Emosional


Memiliki masalah yang tidak sedikit membuat seseorang sulit untuk tidur dan kemungkinan akan menghantui saat berbaring di tempat tidur. Permasalahan tersebut biasanya berupa permasalahan yang terjadi di kantor, permasalahan keluarga, terusik dengan kelakuan tetangga, keseringan memikirkan masa depan, selalu merasa berdosa, dll.

Jika hal tersebut menjadi beban pikiran, maka akan menimbulkan penyakit yang lebih parah seperti depresi dan frustasi bahkan hal tersebut dapat menjadikan seseorang trauma terhadap sesuatu. Hal inilah yang menyebabkan seseorang terganggu secara emosional dan psikologis.

Masalah Kesehatan Fisik


Banyak masalah kesehatan fisik dapat menimbulkan gejala yang dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman sehingga dirinya kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidur. Contohnya adalah asma, penyakit jantung, penyakit saraf seperti Parkinson dan Alzheimer, serta radang sendi atau artritis.

Faktor Lingkungan


Lingkungan kamar tidur yang tidak nyaman dapat mengganggu tidur seseorang, contohnya seperti suhu kamar yang terlalu dingin atau panas, suara bising, dan cahaya lampu yang terlalu terang.

Faktor Medis dan Biologis

  • Faktor usia. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sudah berusia lanjut lebih beresiko mengalami insomnia daripada yang masih muda.
  • Hormon yang diproduksi pada wanita hamil dan menstruasi.
  • Masalah dengan jet lag (mabuk udara).
  • Kerusakan otak seperti stroke atau alzheimer.
  • Faktor genetik (bawaan lahir), meskipun sangat jarang terjadi.
  • Efek samping penggunaan obat, soda, narkoba, alkohol, atau kafein.


Cara Mengatasi Insomnia


Berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi insomnia agar Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Olahraga Secara Teratur


Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolahraga, kesehatan Anda akan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.


Mengatur Jadwal Tidur


Saat Anda mengalami penyakit insomnia, ada baiknya Anda mengatur jadwal tidur Anda setiap hari. Rutinitas ini pun akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus tidur yang sehat. Sehingga nantinya Anda pun akan merasakan tidur yang nyenyak dan nyaman sepanjang malam.


Khususkan Tempat Tidur Hanya Untuk Tidur


Sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, atau menonton televisi dari tempat tidur. Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.

Membersihkan Tempat Tidur


Tempat tidur adalah tempat yang harus memberikan kenyamanan pada diri kita. Karena memang tempat beristirahat yang paling nyaman adalah tempat tidur. Jika ternyata kita memiliki tempat tidur yang berantakan maka kita akan merasa tidak nyaman. Jika hal tersebut terjadi maka kita akan kesulitan untuk tidur. Untuk itulah maka kita harus senantiasa menjaga kebersihan tempat tidur dengan teratur demi kenyamanan saat beristirahat.


Jernihkan Pikiran Anda


Hilangkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran Anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran Anda lewat media blog.


Terima kasih telah membaca Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Insomnia. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

7 komentar

kalau sudah terbiasa tidur pagi gimana gan ? jadinya susah tidur kalo malem

Ternyata banyak juga faktor insomnianya dan terima kasih atas tipsnya, sangat bermanfaat sekali.

Kalau bisa jangan dibiasain selalu tidur pagi dan malamnya begadang. Itu juga tidak baik buat kesehatan.

Iya sama2, semoga bermanfaat

wah, terimakasih tips untuk menyembuhkan insomnianya kak.


EmoticonEmoticon