Friday, May 22, 2015

Awas, Ini Bahaya Mengkonsumsi Beras Plastik


Update Dunia - Belakangan ini, rakyat di gegerkan dengan penemuan beras plastik di kawasan Bekasi. Meski harganya lebih murah, beras ini memiliki yang harus diketahui masyarakat. 
Secara kasat mata, beras plastik sulit dibedakan dengan beras asli. Apalagi konsumen Indonesia biasanya akan cenderung memilih bahan makanan yang tampilan dan harga yang terbaik. Namun karena makin langkanya beras asli, diduga beberapa pihak mengoplos beras asli dengan beras plastik. 

 Awas, Ini Bahaya Mengkonsumsi Beras Plastik

Menurut Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Daerah Jawa Timur, Tri Sudaryono, beras plastik terbuat dari campuran fermentasi tepung singkong yang dibentuk seperti bulir-bulir beras dengan plastik. Ini dilakukan agar tampilannya lebih putih, bening dan bersih serta memiliki standar beras untuk perdagangan. 

"Hanya saja, seperti beras plastik dipastikan tidak sehat karena pori-pori kulit ari sudah terkelupas sehingga kandungan vitamin B sudah tidak ada karena diganti plastik," kata Sudaryono, Rabu (20/5). 

Yang lebih berbahaya, beras ini tidak dapat dicerna sehingga sangat berbahaya jika masuk ke mekanisme pembuluh darah. Konsumsi dalam jangka waktu panjang bahkan bisa menimbulkan penumpukan radikal bebas yang menjadi pemicu kanker.

Bagi Anda yang ingin tahu bedanya beras plastik dan asli, beras tersebut terasa pahit, menyebabkan mual, muntah bahkan diare. Organ ekskresi juga akan terpengaruh jika Anda mengkonsumsi beras ini.

Sumber : www.wowkeren.com


EmoticonEmoticon