Tuesday, June 2, 2015

Tol Terpanjang di Indonesia Siap Sambut Arus Mudik Lebaran

Update Dunia - Tol Cikampek - Palimanan sepanjang 116,7 kilometer (Km) yang diklaim menjadi tol terpanjang di Indonesia siap beroperasi se

Tol Terpanjang di Indonesia Siap Sambut Arus Mudik Lebaran

"Tol ini sudah siap 99 persen dan sudah siap beroperasi sebelum Ramadan tiba, nanti presiden akan meresmikannya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono pada saat peninjauan tol Cikampek-Palimanan, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Selasa (2/6).

Pantauan Antara, jalan tol yang terdiri dari kombinasi beton dan aspal tersebut, saat ini masih dalam tahap pengerjaan pemasangan rambu-rambu lalu lintas. Menteri Basuki mengatakan saat jalan tersebut beroprasi dapat mengurangi kemacetan hingga 40 persen di jalur Pantura.

Namun karena ini tol baru, pasti akan banyak kendaraan yang melewatinya. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi penumpukan pada saat arus mudik, polisi akan mengatur arus kendaraan agar tidak terlalu banyak yang masuk di tol tersebut.

Di dalam jalan tol tersebut akan ada delapan area peristirahatan. Empat area peristirahatan kelas A yang memiliki tempat pengisian bensin, serta empat lagi area peristirahatan kelas B.

Sebanyak 99 jembatan juga telah di bangun sepanjang jalan tol tersebut. Hanya tinggal jembatan Ciherang yang masih dalam pengerjaan. Di tol tersebut juga ada melintang sejumlah jembatan penyeberangan untuk penduduk sekitar.

"Melalui jalan tol ini, masyarakat bisa terus jalan dari Cikampek terus ke Brebes Timur tanpa harus keluar tol," kata Menteri Basuki.

Jalan tol tersebut dioperasikan oleh PT. Lintas Marga Sejahtera. Sementara itu mengenai tarif tol, pemerintah belum dapat memastikannya.

3 komentar

Bisa mempercepat untuk Mudik sehingga tidak lama-lama diperjalanan

Bener banget mas, semoga saja cepat kelar


EmoticonEmoticon