Tuesday, July 14, 2015

Awas, Minum Kopi Dapat Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Awas, Minum Kopi Dapat Menyebabkan Wanita Sulit Hamil - Seperti apa yang telah kita ketahui bahwa kopi mempunyai banyak manfaat terutama untuk membangkitkan kinerja dan mood ketika beraktifitas. Sayangnya, selain memiliki manfaat bagi kita, ternyata minum kopi juga punya beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh kita, salah satunya adalah dapat menyebabkan wanita sulit hamil.

Awas, Minum Kopi Dapat Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Bagi wanita yang terlalu banyak mengkonsumsi kopi akan kesulitan untuk hamil. Hal ini disebabkan asupan kafein yang tinggi akan mempengaruhi kontraksi otot tuba falopi dan mengganggu kesuburan bagi Anda.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Farmakologi menyebutkan bahwa stimulan kafein yang terkandung dalam kopi bisa merusak transportasi telur dari ovarium ke rahim. Hal itulah yang dapat menyebabkan wanita sulit hamil atau mengalami kemandulan.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya meski dapat menunjukkan bahwa terlalu banyak konsumsi kopi akan mempengaruhi kesuburan wanita tapi belum bisa menjawab pertanyaan apa hubungan antara kehamilan dengan kopi.

Penelitian tersebut melibatkan 9000 perempuan Belanda dan diketahui bahwa minum kopi lebih dari empat cangkir dalam sehari akan memotong kemungkinan kehamilan sekitar seperempat atau 25 persen.

Hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh British Journal of Farmakologi  misteri tersebut terjawab, para ilmuwan telah melakukan percobaan pada tikus dan menunjukkan bahwa kafein akan menghambat kontraksi saluran telur yang diperlukan untuk membawa sel telur ke rahim.

Baca Juga :

Stimulan seperti kafein dapat mengaktifkan sel-sel alat pacu jantung di dinding tabung. Sel-sel yang mengkoordinasikan kontraksi dari tabung yang menggerakkan sel telur ke dalam rahim. Penelitian ini menunjukkan kontraksi memainkan peran besar dalam pengangkutan sel telur.

Pemimpin studi Profesor Sean Ward, dari University of Nevada di Reno, Amerika Serikat, mengatakan “Temuan ini menjelaskan mengapa minum kafein dapat mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk bisa hamil, ini memberikan penjelasan menarik mengapa wanita dengan konsumsi kafein yang tinggi sering memakan waktu lebih lama untuk hamil daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kafein. “ 

Penelitian ini juga dapat membantu dokter mengobati penyakit menular seksual inflamasi dan panggul. Manfaat lain yang bisa ditingkatkan adalah pemahaman tentang kehamilan ektopik, yaitu kehamilan dimana janin tidak melekat di dinding rahim dan berpotensi mengancam jiwa ibu dan anak.

1 komentar

Sya baru tau kalau kopi juga dapat membuat kesuburan alat reproduksi mengalami penurunan fungsinya.. informasi yang sangat berguna


EmoticonEmoticon