Sunday, July 5, 2015

Bentuk Pohon Paling Unik di Dunia

Bentuk Pohon Paling Unik di Dunia - Pohon merupakan simbol kehidupan yang diwujudkan oleh alam dan sangat bermanfaat bagi bagi kelangsungan hidup di bumi. Pepohonon bisa mencegah terjadinya banjir, menyuplai oksigen, dan menyimpan cadangan air di tanah tempat akarnya tumbuh. 

Selain memberikan manfaat yang besar, Pohon juga memiliki bentuk yang beraneka macam, ada yang biasa saja namun ada pula beberapa spesimen pohon yang lebih luar biasa dan menakjubkan yang ditemukan di berbagai penjuru dunia. 

Tak jarang bahkan terbilang aneh dan sangat unik. Terkadang orang-orang tidak menyadari bentuk uniknya, sebab ukurannya memang sangat unik atau bentuknya yang sangat tidak biasa.


Inilah Bentuk Pohon Paling Unik di Dunia yang Mungkin Belum Anda Ketahui : 

1. Pohon Darah Naga


Bentuk Pohon Paling Unik di Dunia
Pohon yang sangat cantik dan indah ini adalah pohon darah naga yang berbentuk seperti payung. Pohon ini mengandung getah didalam batangnya yang dipercaya sebagai salah satu bahan kosmetik dan zat pewarna lukisan.

2. Pohon Condong


Bentuk Pohon Paling Unik di Dunia

Pohon Unik dalam gambar ini bukan dipotret saat dihempas angin kencang. Pohon-pohon tersebut memang senantiasa condong ke satu arah, seolah-olah ditiup angin. Dilaporkan situs Amusing Planet, Slope Point, wilayah tempat pohon-pohon ini tumbuh memang selalu diterpa angin kencang. Karena itulah sebagian dari pohon-pohon besar di sana tumbuh mengikuti arah angin.

3. Pohon Sakaki


Bentuk Pohon Paling Unik di Dunia

Pohon sakaki merupakan pohon rimbun dengan daun hijau yang ditemukan di dalam mitologi, literatur dan ritual sakral di Jepang. Dalam ajaran agama Shinto di Jepang, alam merupakan sesuatu yang disucikan. Objek alam dipuja sebagai roh suci (disebut kami). Terutama pohon Sakaki atau memiliki bahasa latin Cleyera japonica ini.

Menurut mitologi Jepang, pohon Sakaki memiliki peran yang signifikan di kisah penciptaan Jepang. Pada jaman dahulu hidup pasangan suci bernama Izanagi dan Isanami yang membuat pulau Jepang dan anak-anak mereka menjadi dewa-dewa di berbagai klan warga Jepang. 

Anak perempuan mereka, Amaterasu (Dewi yang bersinar nan agung) lahir dari mata kiri sang ayah yang akhirnya menjadi Dewi Matahari. Dari dewi inilah para keluarga kekaisaran Jepang mengakui mereka berasal.

Dalam berbagai ritual upacara keagamaan Shinto, sering menggunakan pohon Sakaki dan juga seringkali dijadikan kiasan dalam berbagai literatur dan karya-karya seni di Jepang. Sakaki juga disebut dalam penggalan tulisan kuno keagamaan yang menyebutkan bahwa pohon ini mewakili kesetiaan dan kestabilan selain itu juga mengekspresikan keberadaan yang abadi dan kekuatan dewi di kuil tersebut.

4. Pohon dari Ta Phrom


Bentuk Pohon Paling Unik di Dunia

Pohon unik ini adalah pohon dari Ta Phrom. Keunikannya adalah tumbuh diatas kuil Ta Prohm, Kamboja. Pohon ini juga terdiri dari dua spesies yang berbeda. Pohon yang besar diduga Tetrameles Nudiflora, sedangkan pohon yang lebih kecil diduga Strangler Fig.

5. Pohon kehidupan


Bentuk Pohon Paling Unik di Dunia

Pohon Kehidupan ini ditemukan di tengah gurun pasir di Bahrain, jauh dari organisme hidup lain atau sumber air. Ini adalah pohon mesquite berusia 400 tahun, yang akarnya dapat tumbuh lebih dari 160 meter, sehingga tangguh dalam iklim kering. Orang-orang terkadang sering menyebut pohon ini pohon keramat yang juga disebutkan dalam kitab-kitab. Apapun kasusnya, pohon luar biasa seperti ini menyebabkan legenda berkembang dan menarik perhatian pengunjung dari seluruh dunia untuk melihat sekilas kedahsyatan pohon besar ini.

2 komentar

Artikel yang sangat bermanfaat sekali gan. Terutama yang nomer 4 keren banget.


EmoticonEmoticon