Thursday, July 9, 2015

Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan - Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh setiap manusia. Dengan tujuan utamanya yaitu mengistirahatkan fisik dan mental setelah seharian penuh mengerjakan berbagai pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran seseorang.

Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

Alasan mengapa manusia sangat memerlukan aktivitas tidur setiap hari, hal ini telah membuat para ilmuwan bertanya-tanya selama ratusan tahun, sehingga alasannya terpecahkan bahwa manusia membutuhkan waktu untuk melakukan tidur di malam hari untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita agar dapat kembali berfungsi dengan baik. 

Tidak dapat dibayangkan, jika aktivitas tidur kita terganggu ataupun mengalami berbagai masalah. Salah satunya, ketidak tahuan seseorang tentang posisi tidur yang baik bagi kesehatan.


Lalu seperti apa posisi tidur yang baik bagi kesehatan? 


Setiap orang tentu berbeda-beda tergantung kondisi fisiknya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, lihat uraian berikut ini:

1. Posisi Tidur Terlentang


Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

Tidur dengan posisi terlentang memudahkan kepala, leher dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini bisa mencegah sakit leher dan punggung, meminimalkan keriput dan menjaga bentuk payudara tetap baik. Sayangnya posisi tidur terlentang tidak cocok untuk mereka yang mempunyai kebiasaan mendengkur. Rahang dan tenggorokan juga di bawah pengaruh gravitasi yang menyebabkan tenggorokan menyempit sehingga menghasilkan turbulensi udara yang menyebabkan getaran dan dengkuran.

2. Posisi Tidur Miring


Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

Bagi anda yang terbiasa tidur dengan posisi miring, usahakan untuk melakukannya pada posisi miring ke kanan karena jika posisi tidur miring ke kiri dapat membebankan jantung oleh berat badan kita. Jika posisi tidur kita miring ke kiri, maka jantung akan mengalami kelelahan akibat harus terus memompa dengan beban yang cukup berat dalam jangka waktu yang cukup lama. Posisi tidur yang terbaik yaitu seperti hal nya pada cara tidur bayi di dalam kandungan dengan punggung yang melengkung dan kaki sedikit menekuk kearah dada, posisi tidur seperti ini dapat bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah pada tulang punggung, meringankan pernafasan dan organ-organ tubuh lainnya akan lebih leluasa.

3. Posisi Tidur Tengkurap


Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

Dengan melakukan posisi tidur tengkurap tentunya posisi perut berada di bawah, sehingga posisi ini dapat memberikan tekanan pada sendi dan juga otot yang dapat mengakibatkan nyeri hingga kesemutan. Akan tetapi posisi tengkurap sangat baik bagi mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur, ini dikarenakan saluran udara diatas dapat terbuka lebih lebar. Jika Anda tidak memiliki riwayat sakit punggung, leher dan suka mendengkur, posisi tidur tengkurap merupakan pilihan yang tepat.

Nah, itu dia beberapa posisi tidur yang baik bagi kesehatan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

2 komentar

nomer 3 pas bgt gan kalo lagi kecapean, biasanya ane kaya gitu hehehehe

Rata-rata itu juga jadi favorite gan. Ane sendiri juga sering begitu.


EmoticonEmoticon