Monday, June 29, 2015

Bahaya Tidur Malam Dengan Lampu Menyala

Bahaya Tidur Malam Dengan Lampu Menyala - Tidur merupakan aktivitas yang rutin dilakukan oleh setiap orang, baik malam ataupun siang hari. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari tidur khususnya di waktu malam hari. Beberapa manfaat tidur malam yaitu dapat mengistirahatkan fisik dan pikiran setelah seharian beraktivitas yang relatif padat. 

Bahaya Tidur Malam Dengan Lampu Menyala

Sebagian orang memilih untuk mematikan lampu ketika sedang tidur pada malam hari. Sebagian lagi memilih tetap menyalakannya ketika sedang tidur pada malam hari. Beberapa orang yang memilih mematikan lampu ketika tidur malam, menganggap lebih nyaman tidur dengan keadaan lampu mati. Selain terasa lebih nyaman, tidur juga lebih nyenyak. Orang-orang yang memilih tetap menyalakan lampu ketika tidur malam, beberapa karena merasa takut dan tidak nyaman jika harus mematikan lampu dan keadaan ruangan akan menjadi gelap gulita. Lalu, adakah bahaya dari tidur malam dengan keadaan lampu menyala bagi kesehatan tubuh?

Tidur di malam hari dengan lampu menyala ternyata memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya, terbiasa tidur malam dengan kondisi lampu menyala akan meningkatkan resiko penyakit kanker, kardiovaskular, gangguan sistem metabolisme dan bahkan mungkin diabetes. 

Berikut gangguan kesehatan jika tidur malam dengan lampu menyala:


  • Tidur malam dengan lampu menyala menghambat produksi melatonin. Hormon melatonin berperan dalam mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh, sehingga sangat dianjurkan untuk mematikan lampu saat tidur malam agar hormon melatonin tersebut dapat berproduksi lebih maksimal saat Anda tertidur pulas.
  • Tidur malam dengan lampu menyala sangat tidak baik pada wanita. Ini dikarenakan, paparan cahaya lampu di malam hari dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara dan kanker usus besar bagi kaum wanita. Jadi, para ibu dan remaja putri sebaiknya memulai membiasakan diri tidur malam dengan tanpa nyala lampu. 
  • Tidur dengan lampu menyala juga dapat mengakibatkan jam biologis tubuh terganggu, akibatnya Anda dapat terkena gangguan tidur, penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolisme, Serta kemungkinan terkena diabetes yang mengancam hidup Anda.

Sekarang Anda telah mengetahui bahaya tidur malam dengan keadaan lampu yang menyala. Sejauh ini ternyata tidur malam dengan keadaan lampu yang mati dan ruangan yang gelap total mendatangkan banyak manfaat. Selain menghemat energi, gangguan kesehatan yang berbahaya pun bisa dihindari dengan ruangan yang gelap saat tidur malam. Jadi, lakukanlah tidur malam tanpa lampu yang menyala mulai dari sekarang.


EmoticonEmoticon