Monday, June 29, 2015

Virus MERS Mengancam Indonesia

Virus MERS Mengancam Indonesia - Indonesia menjadi salah satu negara yang berisiko terjangkit Virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Virus MERS yang terjadi di sejumlah negara memang membuat banyak wilayah yang beresiko terkena virus ini cukup khawatir, terlebih lagi karena ternyata Virus MERS ini telah menyerang negara di luar Arab yaitu di Korea Selatan dan juga Thailand. Dan sepertinya Indonesia adalah salah satu tempat yang berpotensi tinggi terjangkit Virus MERS.

Virus MERS Mengancam Indonesia

Hal tersebut memang telah dinyatakan secara pasti oleh pihak Ditjen Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan (DPPPL) Kementerian Kesehatan, M. Subuh menyebutkan status ini diambil setelah dilakukan penilaian risiko secara berkala. Tentunya gambaran hal tersebut bukanlah suatu hal yang berlebihan karena memang banyak masyarakat Indonesia yang seringkali berkunjung ke Arab dengan berbagai kepentingan khususnya untuk keperluan Umroh dan pengiriman TKI yang jumlahnya memang paling banyak sedunia.

Meskipun Indonesia merupakan negara yang memiliki resiko terkena Virus MERS ini, namun hingga saat ini memang belum pernah sekalipun ditemukan seorang pasien yang positif terkena Virus MERS. Memang benar ditemukan 2 warga negara Indonesia yang pernah terkena Virus MERS, namun yang satunya telah meninggal di Arab sebelum ia kembali ke Indonesia, dan yang satunya lagi adalah jamaah Umroh asal Makassar yang telah sembuh sebelum ia kembali ke Indonesia.


Dengan adanya hal ini, maka pihak kementerian kesehatan pun juga menghimbau masyarakat Indonesia untuk selalu rajin membersihkan tangan dan melindungi diri dengan menggunakan masker. Dan tentunya untuk menghindarkan Indonesia terbebas dari Virus MERS ini salah satunya adalah kesiapan dari tenaga kesehatan untuk mencegah penularan dan menangangi pasien yang tertular.

Seperti yang kita ketahui bahwa Virus MERS ini mulai merebak pada bulan September 2012 silam, dan berasal dari Arab. Virus ini, kembali menjadi sorotan pasca menelan 29 korban jiwa di daerah Korea. Mengingat virus ini mematikan, dan Indonesia menjadi negara yang beresiko terhadap serangan virus tersebut maka setiap orang dihimbau untuk tetap melakukan hidup sehat supaya kondisi tubuh tetap stabil sehingga virus MERS tidak menginfeksi tubuhnya. Virus yang berasal dari Arab ini bisa menyerang siapa saja bahkan hampir semua yang terserang berujung dengan kematian.


EmoticonEmoticon