Tuesday, November 3, 2015

Misteri Tersembunyi di Taj Mahal

Misteri Tersembunyi di Taj Mahal - Siapa yang tidak mengenal Taj Mahal? Bangunan yang ada di India ini begitu banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Taj Mahal merupakan simbol cinta dari Shah Jahan kepada istrinya, Mumtaz. Taj Mahal juga masuk ke dalam Tujuh Keajaiban Dunia, karena keindahan dan arsitekturnya.

Misteri Tersembunyi di Taj Mahal

Banguanan bersejarah ini dibangun sekitar 350 tahun silam di Uttar Pradesh, India. Akan tetapi, dibalik keindahan Taj Mahal tersimpan kisah misteri yang masih belum terungkap.  Rahasia apakah yang ada di balik keindahan Taj Mahal?

Seperti dilansir seorang meneliti dan dikutip Daily Mail, komplek bangunan yang terbuat dari batu pualam itu ternyata dibangun agar sejajar dengan titik balik matahari pada musim dingin dan musim panas. Penemuan luar biasa ini menunjukkan ketika matahari berada pada posisi titik balik, ternyata sejajar dengan empat titik sudut di taman dekat pusat kubah.

Jika Anda berdiri di pusat kolam air di taman utama di mana dua jalan bertemu, pada titik balik matahari di musim panas sekitar 21 Juni akan terlihat sesuatu. Berdiri di tengah taman, seseorang akan merasa berada di pusat Taman Firdaus ketika taman itu diperuntukkan untuk mewakili alam mayapada.

Matahari akan naik di sisi timur laut, lalu melintas di atas kepala lalu kembali sudut barat laut dan memperlihatkan sepertinya matahari mengelilingi Anda.

Pada titik balik matahari di musim dingin sekitar 22 Desember setiap tahu, matahari terbit dan bergerak melintas di atas dari sudut tenggara dan tenggelam di sudut barat daya.

Penemuan ini dibuat oleh Dr Amelia Carolina Sparavigna dari Department of Applied Science and Technology, Politecnico di Torino, Italia. “Taj Mahal memiliki sumbu utara-selatan,” demikian tulisnya dalam jurnal Philica. Ketika struktur arsitektonis sejajar dalam posisi ini, ini berselaras dengan proyeksi sumbu horisontal dan sumbu ini menandakan bahwa bumi berputar.

Banyak teori dan spekulasi yang berhubungan dengan Taj Mahal. Beberapa ahli sejarah  bahkan tidak menghubungkan aspek romantisme bangunan ini, yang merupakan dedikasi dari suami terhadap istri. Berikut fakta-fakta lain yang tersembunyi di balik Taj Mahal berdasarkan ahli sejarah.

Terdapat sumber mata air

Ternyata di dalam Taj Mahal terdapat satu aliran air kecil yang sangat jernih. Asal aliran air ini tidak dapat dijelaskan karena sumbernya tidak terlihat. Sumber air ini merupakan salah satu rahasia yang dijaga ketat oleh pemerintah India. Selain sumber air yang ada di Taj Mahal, ada satu lagi rahasia yang tidak dapat dijelaskan, yaitu adanya makam kaum muslim yang konon katanya pernah menempati Taj Mahal.

Terdapat kamar rahasia

Seperti halnya bangunan bersejarah lainnya, Taj Mahal banyak sekali memiliki ruang-ruang. Demikian pun Shah Jahan mengetahuinya, dan ada bukti bahwa itu merupakan bukti dari awal pembangunan Taj Mahal yang merupakan sebuah kuil Dewa Siwa. Namun hal itu masih menjadi misteri.

Tidak dibangun oleh Shah Jahan

Rahasia yang satu ini merupakan rahasia yang tidak ingin didengar oleh pewaris keluarga Shah Jahan. Menurut para sejarahwan yang telah meneliti Taj Mahal, awalnya bangunan ini dibangun oleh Rajput tetapi sebelum proses pembuatannya selesai pemerintahan Rajput berhasil ditumbangkan oleh Shah Jahan sehingga semua yang dilakukan di masa pemerintahan Rajput diambil alih oleh pemerintahan Shah Jahan. Berdasarkan catatan sejarah, ternyata tidak ditemukan catatan resmi mengenai hal ini.

Pemerintah India tahu kebenarannya

Pemerintah India melarang siapapun untuk melakukan penelitian terkait Taj Mahal. Dan juga menerbitkan buku yang berisi kebenaran tentang Taj Mahal untuk menutupi kebenaran yang sebenarnya.  Dan tidak mempersilahkan siapapun untuk masuk ke dalam kamar yang tersegel, karena takut menjadi masalah besar. Banyak sekali rahasia yang ada dibalik bangunan kebanggaan orang India ini dan hingga saat ini misteri dalam Taj Mahal masih belum dapat terungkap.

Baca Juga :

Itulah beberapa informasi tentang Misteri Tersembunyi di Taj Mahal yang masih belum terungkap dan hingga kini masih menjadi rahasia.


EmoticonEmoticon