Friday, May 6, 2016

Makanan Sehat yang Ternyata Beracun

Makanan Sehat yang Ternyata Beracun - Kadang saat mengkonsumsi bahan makanan yang tergolong alami seperti buah dan sayuran biasanya tubuh kita akan merasakan efek yang menyehatkan dan nyaman. Begitu juga saat proses pengolahannya, kadang kita akan beranggapan tidak perlu melakukan banyak proses dalam mengolahnya. Tentu saja anggapan tadi tidak salah, tetapi kita juga patut mengetahui beberapa prosedur untuk menjaga keamanan kualitas bahan-bahan makanan alami tersebut.

Makanan Sehat yang Ternyata Beracun

Seperti reaksi kimia yang bisa timbul dari bahan tersebut jika kita salah melakukan pengolahan serta bagian-bagian racun dalam bahan alami yang seharusnya dibuang sebelum proses memasak untuk menghindari tertelan oleh tubuh. Karena tidak semua makanan yang terlihat menyehatkan adalah makanan sehat. Seperti beberapa makanan yang nampak sehat berikut ini ada beberapa prosedur dan peringatan yang harus Anda ketahui sebelum mengkonsumsi bahan alami yang menyehatkan ini. karena jika salah mengolah bahan-bahan tersebut justru akan memberikan efek buruk bagi Anda. Seperti apakah prosedur dan bagian terlarang dari makanan alami tersebut? Berikut informasinya.

Almond


Makanan Sehat yang Ternyata Beracun

Makanan sehat yang bisa berubah menjadi racun yang pertama adalah almond. Selain rasanya yang nikmat, beberapa orang percaya jika kacang-kacangan asli timur tengah dan asia selatan ini merupakan makanan yang memiliki efek baik pada tubuh. Seperti untuk kesehatan jantung kita, tetapi ada faktor baru yang ditemukan bahwa almond juga memiliki bahaya. Dalam almond telah ditemukan kandungan senyawa Sianida. Bagi kesehatan manusia, Sianida dipercaya dapat memiliki efek yang sangat tidak baik bagi kesehatan jantung dan sistem saraf. Namun efek buruk Sianida ini bisa terjadi jika Anda mengkonsumsi almond tanpa memperhatikan bagaimana cara menghindari Sianida tersebut. Almond akan sangat beracun apabila tidak mengalami proses pemanasan yang benar untuk mengeluarkan racunnya. biasanya sebelum diperjual-belikan di pasar bebas, almond mentah akan melalui proses pemanasan baik melalui penjemuran, penyiraman, rendaman dengan air panas atau proses pemanasan lainnya.

Buah Ceri


Makanan Sehat yang Ternyata Beracun

Makanan sehat yang dapat berubah menjadi racun berikutnya adalah buah ceri. Buah ceri memiliki satu senyawa berbahaya pada salah satu bagian buahnya yakni bijinya. Buah mungil ini dapat menghasilkan racun berbahaya apabila bijinya dihancurkan, dihisap maupun terkunyah. Biji ceri memiliki senyawa an organik Hidrogen Sianida, hal ini akan sangat memberikan efek buruk pada tubuh seseorang yang gemar menghisap biji ceri dalam jangka waktu yang berkepanjangan. Keracunan Hidrogen Sianida dalam dosis kecil akan mengakibatkan pusing, kebingungan dan muntah. Sementara keracunan dalam dosis yang besar akan mengakibatkan kesulitan bernafas, kenaikan tekanan darah dan detak jantung bahkan gagal ginjal yang bisa mengakibatkan koma dan juga kematian karena saluran pernafasan.

Buah Apel


Makanan Sehat yang Ternyata Beracun

Hingga saat ini buah apel masih dikategorikan sebagai salah satu makanan sehat dan bergizi bagi tubuh, bahkan beberapa ahli gizi menyarankan wanita diet untuk mengkonsumsi buah yang dipercaya dapat menurunkan berat badan ini. Akan tetapi ada bagian dari buah apel yang harus Anda waspadai karena dapat menjadi racun dalam tubuh. Ya, bagian tersebut adalah biji dari buah apel yang ternyata juga mengandung zat berbahaya bernama Sianida. 

Namun tak seperti almond dan ceri, apel diyakini memiliki zat berbahaya tersebut dalam jumlah yang lebih kecil. Zat inipun baru dapat ditemui efek buruknya apabila biji apel yang terkunyah dan pecah. Karenanya bagi Anda yang hendak mengunyah langsung buah apel pastikan biji apel tersebut tidak ikut terkunyah hingga halus sehingga akan mengeluarkan Sianida. Bagi Anda yang menyukai jus buah apel, Anda juga perlu berhati-hati masuki biji apel pada blander kemudian ikut terhancurkan juga akan mengaktifkan senyawa Sianida yang amat berbahaya.


Itulah beberapa Makanan Sehat yang Bisa Menjadi Racun bagi manusia bila diolah dengan cara yang tidak tepat. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua.

3 komentar

Terimakasih infonya mas, sangat bermanfaat sekali.

Wah brarti hrs benar2 teliti tuh dalam mengkonsumsi buah2 itu . Krn ada beberapa buah yg kebanyak org langsung memakan nya dari pohon nya


EmoticonEmoticon