Thursday, July 23, 2015

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Ketika daya tahan tubuh  menurun, tubuh kita akan terkena imbasnya. Biasanya ditandai dengan flu, demam, sakit tenggorokan dan batuk. Untuk itu, Anda perlu meningkatkan sistem imun dengan makan sehat dan mengasup nutrisi yang cukup.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Selain dari makan-makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kita juga perlu untuk melakukan beberapa hal agar tak mudah terserang berbagai macam virus dan bakteri.


Berikut ini tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta terhindar dari penyakit akibat virus dan bakteri

Jaga kebersihan tangan


  • Benda-benda seperti handphone, pegangan pintu, kunci rumah, setir mobil, menurut penelitian adalah tempat yang banyak dihuni oleh virus dan bakteri. Padahal, benda-benda tersebut sangat akrab dengan tangan kita sehari-hari. Dengan demikian, tangan bisa juga membawa kuman dari mana-mana termasuk tempat-tempat tersebut. Selalu rajin membersihkan tangan dengan sabun anti kuman adalah kebutuhan dasar jika Anda ingin jauh dari bakteri maupun virus. Cuci tangan Anda dengan menggosoknya secara bersama-sama, disela-sela jari, dan kemudian mengeringkannya dengan baik. Hal ini karena kuman lebih mungkin menempel ke jari-jari tangan yang basah. Jangan menggunakan handuk basah untuk melap tangan.

Banyak minum air


  • Tubuh kita 70% terdiri atas air sehingga jika kita kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Dengan banyak minum air, akan membantu tubuh untuk membuang toxin yang ada di dalam tubuh. Kekurangan air hingga dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, migrain, dan cepat stres. 
  • Ketika Anda memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh tentu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berabagai bakteri dan virus. Jadi saat Anda beraktifitas keluar ruangan jangan lupa untuk selalu membawa air putih dalam botol, sehingga ketika Anda merasa haus Anda langsung bisa minum air. 
  • Jadikan kebiasaan membawa air putih ini menjadi kewajiban untuk Anda lakukan, saat sedang dirumah pun selalu sediakan air putih di dekat meja belajar ataupun meja kerja sehingga kebutuhan cairan tubuh akan selalu saat terjaga. Biasanya kita merasa malas mengambil minum ketika kita sedang fokus. Nah menyiapkan minum di dekat meja belajar atau kerja menjadi solusi yang paling baik. Tidak mau rugi kan kalau pada kesempatan yang penting Anda malah sakit.
  • Perlu diingat, minum air tidak harus air putih, Anda bisa selingi dengan minum jus, teh atau minuman apa yang Anda suka tentu secukupnya saja.

Bawang putih


  • Nah ketika saya tekena flu saya suka makan bawang putih mentah, rasanya pengar sih tetapi makan bawang putih ini ampuh untuk mengusir flu dengan cepat. Bawang putih ternyata mengandung sejumlah antioksidan yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh yang dengan cepat membunuh virus penyebab flu. 
  • Bawang putih juga mengandung allicin, yang berperan sebagai antivirus dan anti bakteri. Bawang putih ini nantinya akan sangat berguna untuk merangsang produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan kuman penyakit. Kalaupun Anda tidak mampu menelan mentah , Aamu dapat mencampurkan ketika membuat mie instan atau sup. Setelah Anda makan pasti gejala flu atau demam akan bekurang.

Jauhi makanan manis-manis mengandung gula tinggi


  • Gula dalam bentuk apapun, termasuk permen, minuman, ataupun makanan dapat menurunkan kekebalan dan ketahanan tubuh terhadap pilek atau flu. Sistem kekebalan tubuh akan berhenti melawan infeksi selama beberapa jam setelah Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis.

Tidur cukup


  • Banyak beranggapan bahwa tidur 7-8 jam akan membuang waktu yang produktif sehingga banyak pekerja atau mahasiswa nglembur sampai pagi dan hanya tidur beberapa saat sebelum kembali beraktifitas. Namun tanpa disadari bahwa kebiasaan tersebut sangat merugikan fisik dan mental. 
  • Seseorang yang kurang tidur akan lebih cepat emosi dan secara fisikpun akan lebih rentan  tertular penyakit. Saat tidur adalah saat untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Tidur juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti flu karena hormon kortisol yang dikeluar saat tidur dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terhadap penyakit.  


Itulah beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mulai sekarang beralihlah ke gaya hidup yang lebih sehat. Sehingga kita dapat menjalani hari dan lebih indah. Karena hidup itu mudah!

1 komentar

Wah iya tuh bener banget . Kaya'nya saya bisa mengikutinya biar bebas dari kuman & bakteri


EmoticonEmoticon