Friday, August 7, 2015

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh - Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, karena akan menentukan sehat tidaknya tubuh kita. Jika kita tidak menjaga kesehatan tubuh, maka otomatis tubuh akan menjadi tidak sehat, dan akan memudahkan penyakit untuk masuk kedalam tubuh.

Di masa kini banyak orang yang memiliki gaya hidup yang kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari pola makan, tidur, dan olahraga yang tidak dijaga dengan benar. Makan sesuka hati sebanyak-banyaknya tanpa peduli dengan kandungan yang ada di dalam makanan tersebut, atau malah sebaliknya karena sedang melakukan diet ketat orang tersebut benar-benar mogok makan.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Tapi disini kita akan berbicara soalnya jasmaninya. Banyak dari kita pasti mencari apa saja tips kesehatan yang baik dan benar di google. Akan tetapi kebanyakan dari tips kesehatan tersebut tidak menjelaskan secara jelas apa saja yang perlu di lakukan.


Berikut beberapa tips menjaga kesehatan tubuh Anda dengan membiasakan diri melakukan aktivitas ini sehari-hari. Diantaranya yang harus anda lakukan dan perhatikan, yaitu:

Jangan makan secara berlebihan


Menjaga pola makan sangat penting agar kita dapat mengatur apa saja yang boleh masuk ke dalam tubuh dan apa yang seharusnya tidak dimakan. Penuhi pola makan 4 sehat 5 sempurna yaitu nasi sebagai makanan pokok, lauk pauk agar tubuh kita mendapatkan protein dan lemak yang cukup, sayur mayur, buah serta susu.

Selain kandungan pada makanan yang harus anda atur, jam makan juga harus beraturan agar lambung anda tidak bermasalah. Makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang, atur porsi makanan secukupnya sesuai yang anda butuhkan.

Jangan makan secara berlebihan karena banyak dampak yang akan terjadi seperti bertambahnya berat badan atau malah akan merangsang timbulnya penyakit.

Usahakanlah untuk membiasakan pola tidur secukupnya


Bagi orang dewasa tentunya tidur selama 6 hingga 8 jam merupakan waktu yang cukup untuk dapat beristirahat dengan baik dan sehat. Maka dari itu, janganlah kekurangan tidur karena dapat berpengaruh pada konsentrasi anda namun juga jangan terlalu banyak tidur karena akan mengganggu masa aktivitas anda nantinya.

Lakukan olahraga rutin


Olahraga tidak hanya dengan mengunjungi sarana fitness atau mungkin lari pada pagi hari. Anda pun bisa menggunakan variasi olahraga yang Anda inginkan. Contohnya Anda bisa melakukan renang seminggu 3 kali atau bisa juga melakukan stretching dan gerakan-gerakan ringan yang dapat Anda lakukan dirumah. Dengan begitu, setidaknya Anda menggerakkan otot-otot tubuh Anda.

Puasa


Salah satu manfaat dari puasa adalah untuk detoksifikasi. Detoksifikasi yaitu proses pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh. Selain dapat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh, puasa juga cara untuk mengistirahatkan alat pencernaan.

Masih banyak lagi manfaat dari puasa, untuk Anda yang ingin selalu sehat dan bugar sangat disarankan untuk melakukan puasa paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Menjaga kebersihan


Kebersihan adalah hal utama yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat. Jika kebersihan tidak dijaga otomatis kuman, bakteri, dan virus sangat mudah menjangkau tubuh Anda.

Jagalah kebersihan pada tubuh Anda dengan cara mencuci tangan sebelum makan dan setelah mengerjakan sesuatu yang membuat tangan kotor.

Selain itu mandilah 2 kali dalam sehari, setiap pagi hari sebelum beraktifitas dan sore hari saat selesai beraktifitas. Bukan hanya kebersihan tubuh yang harus dijaga, ingat kebersihan lingkungan juga penting!

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh, semoga dengan membaca tips-tips kesehatan ini akan membuat Anda lebih sadar akan betapa pentingnya hidup sehat dan menjadi acuan Anda untuk memulai hidup sehat dari sekarang.

3 komentar

terimakasih banyak tipsnya, boleh nih saya ikutin..

Wah ini nih artikel yang udah lama saya cari
Bagus banget tips nya insya' Allah bisa saya terapkan nih

Wah ini dia artikel yang saya cari nih . Bisa saya terapkan nih di kehidupan sehari hari . Makasih yah tips nya


EmoticonEmoticon